100 Hari Kepemimpinan Airlangga Jadi Penentu Golkar

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menilai Airlangga Hartarto dapat menjadi darah baru dunia politik nasional, dengan segala inovasi dan terobosan dalam kepemimpinannya.

100 Hari Kepemimpinan Airlangga Jadi Penentu Golkar

Ketum Golkar Airlangga Hartarto

Jakarta, BerlimaNews - Peneliti Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menilai Airlangga Hartarto dapat menjadi darah baru dunia politik nasional, dengan segala inovasi dan terobosan dalam kepemimpinannya.

"Sebagai ketua umum partai besar Golkar, Airlangga Hartato potensial menjadi darah baru politik nasional. Publik perlu dengar lebih banyak aneka inovasi politik dan keberanian terobosan yang dibuatnya," ujar Denny JA dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Denny JA berpandangan selama ini Airlangga baru dikenal di kalangan elite terbatas sebagai tokoh yang profesional dan manajerial. Kini dengan menjadi ketua umum partai besar Airlangga perlu dikenal lebih luas ke kalangan pemilih menengah bawah, yang merupakan mayoritas rakyat Indonesia.

"Dia harus juga lebih punya setrum politik, pesona massa. Airlangga perlu lebih banyak melakukan ekspos publik mengenai apa yang akan dibuatnya," jelas Denny.

Menurut dia, aneka gagasan yang ditampilkan Airlangga sepanjang Rapimnas dan Munaslub cukup meyakinkan. Kini tinggal bagaimana gagasan besar itu diterjemahkan melalui terobosan kongkret dalam program dan kebijakan Golkar.

"Dari survei yang dilakukan LSI, mayoritas publik Indonesia meyakini Golkar bisa bangkit kembali jika Golkar membawa branding baru. Untuk itulah, Airlangga perlu menyosialisasikan gagasan dan kepemimpinannya. Langkahnya 100 hari pertama itu akan menentukan posisinya dalam percaturan politik nasional," ujar dia.