Pendidikan Sebagai Tolak Ukur

Pendidikan sekarang di Indonesia semakin berkembang, dengan kebijakan para menteri selalu ada penyesuaian yang bisa dijadikan standar nasional.

Pendidikan Sebagai Tolak Ukur

Tujuan pendidikan adalah memerdekakan masyarakat, kala itu slogan Ki Hajar Dewantara pada masa penjajahan Belanda.

Karena zaman itu yang terpenting masyarakat di Nusantara bisa melek baca, agar bisa menjadi merdeka masyarakat harus bisa belajar.

Karena zaman itu Ki Hajar juga bisa belajar dan selalu membuat kontra dengan pemerintahan Belanda. Selain gemar dengan ilmu, Ki Hajar juga sebagai penulis.

Sehingga Ki Hajar dibuang ke Belanda. Ternyata di Belanda Ki Hajar juga belajar sama apa yang ada di Belanda, belajarnya sama dengan orang di sana.

Setelah banyak ilmu dari Negara Kincir Ki Hajar mengembangkan ilmunya di Nusantara, kala itu masyarakat masih terjajah secara nyata atau fisik.

Pendidikan Merdeka

Pendidikan sekarang di Indonesia semakin berkembang, dengan kebijakan para menteri selalu ada penyesuaian yang bisa dijadikan standar nasional.

Dari perubahan yang ada harapan Indonesia menjadi negara terbaik dunia pendidikan. Kurikulum dijadikan standard untuk belajar siswa, pernah kurikulum KTSP, K13 hingga Merdeka Belajar.

Dari beberapa kurikulum yang pernah ada, pelajar Indonesia dijadikan objek menyesuaikan standar kompetensi. Agar semakin lama sekamin membaik.

Merdeka belajar bisa dijadikan kompetisi terkini, mata pelajaran juga selalu diperbaiki. Dengan demikian masyarakat Indonesia akan menjadi warga terdidik.

Jadi, Pendidikan berkualitas dan kuantitas itu bukan dari biayanya saja, namun bisa diukur dari setelah belajarnya apakah mampu menyesuaikan diri atau tidak. 

Oleh : 
Maftuhan
Pengelola Taman Baca Rumah Kreatif Grobogan, Jawa Tengah