Meningkatkan Kemampuan Konsep Logika Matematika Anak Melalui Bermain Balok

Diantara manfaat bermain balok antara lain mengasah kecerdasan otak dan kreativitas anak.

Meningkatkan Kemampuan Konsep Logika Matematika Anak Melalui Bermain Balok

Bermain balok merupakan salah satu jenis kegiatan yang paling disukai oleh anak anak terutama anak balita. Permainan yang terlihat sederhana, namun memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Diantara manfaat bermain balok antara lain mengasah kecerdasan otak dan kreativitas anak.

Bermain balok merupakan kemampuan dalam kegiatan yang sifatnya konstruktif dengan membuat bentuk atau bangunan menggunakan balok-balok yang dapat meningkatkan perkembangan koordinasi mata dan tangan, melatih keterampilan motorik halus, melatih anak dalam memecahkan masalah, permainan yang memberikan anak kebebasan berimajinasi, sehingga tercipta suatu yang baru sebagai sebuah ide yang kreatif.

Diantara manfaat bermain balok adalah :

1. Anak mengenal bentuk bentuk geometri
Dengan bermain balok anak anak mengenal konsep matematika diantaranya mengenal bentuk geometri yang dikenalkan oleh guru terlebih dulu, ada segitiga, persegi panjang, lingkaran, setengah lingkaran, silinder, kubus dan lain sebagainya.

2. Anak mengenal ukuran
Dari berbagai macam bentuk balok anak mengenal ukuran ada balok persegi panjang yang pendek ada balok persegipanjang yang dua kali lebih panjang. Ada balok yang utuh ada yang setengah dan ada yang seperempat ukurannya.
 
3. Anak dapat memecahkan masalah sederhana
Dengan banyaknya model balok anak anak bisa memilih balok yang akan dipakai bermain membangun. Masing-masing model menawarkan tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk permulaan, sebaiknya kita sediakan balok yang sederhana. Namun, saat anak mulai menguasai dan terbiasa dengan permainan ini, kita sediakan jenis balok dengan level kesulitan sedikit lebih rumit. Sebab, hal ini berguna merangsang kemampuan kognitif anak untuk memecahkan masalah yang mungkin ditemukan saat merangkai balok.
 
4. Anak mengenal konsep logika matematika
Dengan bermain balok anak mengenal keseimbangan, ketika membangun sebuah ramah misalnya, pertama kali anak mungkin menemui kesulitan kenapa bangunannya tidak kuat cepat roboh. Secara bertahap anak akan menemukan jalan keluar sendiri dari permainanannya dengan mengganti balok yang ukurannya sama atau dengan menyusun balok secara bertahap dari ukuran yang besar sebagai dasarnya.

Selain beberapa manfaat diatas banyak sekali manfaat bermain balok yang diperoleh anak antara lain :

1. Mengembangkan motorik halus
Bermain balok juga berkaitan erat dengan kerja motorik halus. Dengan bermain balok kerjasama antara otot tangan dan mata akan terjadi. Ketika anak menggenggam, menyusun dan merangkai balok, saat itulah motorik halusnya bekerja.
 
2. Mengenal sains sederhana lewat warna
Ada berbagai macam cara untuk mengenalkan warna pada anak sejak dini. Salah satunya melalui permainan balok. Ketika kita mengajak anak anak kita bermain balok kita ajak komunikasi dengan memberikan pertanyaan misalnya tentang warna balok, kalau anak belum mengenal warna, disini kita bisa mengenalkan warna balok pada anak.

3. Melatih sosial emosional anak
Dengan bermain balok bersama temannya, kita mengajarkan anak untuk berbagi dan bekerjasama serta melatih kesabaran anak. Pada awalnya mungkin ada hambatan untuk mengajah anak berbagi mainan dengan teman dan bekerja sama. Namun seiring berjalannya waktu hal ini akan dapat tercapai apabila kita selalu mendampingi dan mengarhkan ketika bermain.
 
Manfaat yang dapat ditemukan dengan bermain balok masih banyak lagi diantaranya mengembangkan imajinasi, mengembangkan kreatifitas dan memberi kebebasan anak bereksplorasi dengan ide dan gagasannya. Nak Bunda Bunda sebagai guru PAUD dan Bunda di rumah jangan ragu untuk mengajak anak bermain balok ya.

Jangan lupa untuk selalu mendampingi anak anak ketika bermain. Selamat Bermain! 

Penulis :
Kamidah, S.Psi 
TK Pertiwi Babo
Kampung Kasira Distrik Babo, Kab. Teluk Bintuni, Papua Barat