Ranking Indonesia di FIFA Melejit, Tapi Masih Kalah dari Dua Negara Kecil Ini

Beberapa negara tersebut seperti Barbados pada peringkat 162 dan Vanuatu yang hingga kini masih menempati peringkat 163. 

Ranking Indonesia di FIFA Melejit, Tapi Masih Kalah dari Dua Negara Kecil Ini

Jakarta, RadarKota - Usai menjalani laga leg ke dua dalam laga final piala Piala AFF 2021, ranking Timnas Indonesia mengalami kenaikan walaupun tak berhasil menjadi juara. Hal ini diketahui melalui update laman resmi FIFA beberapa waktu lalu. 

Usai mengakhiri laga terakhir dalam final Piala AFF 2021, Timnas Indonesia kini menempati peringkat ke 164 FIFA dengan mengumpulkan 992,31 poin. Jika melihat beberapa waktu dalam update yang dilakukan khususnya pada tahun 2021, ranking yang berhasil diraih oleh Timnas Indonesia tersebut diketahui menjadi catatan terbaik. 

Posisi ke-164 tersebut merupakan torehan yang cukup baik, sebab dalam selisih ranking yang dimiliki masuk dalam jumlah yang cukup besar yaitu 131. Sedangkan beberapa negara diketahui berada di atas dari Indonesia dan memiliki selisih poin ranking yang tak terlalu besar. Beberapa negara tersebut seperti Barbados pada peringkat 162 dan Vanuatu yang hingga kini masih menempati peringkat 163. 

Disisi lain, beberapa negara juga diketahui berada di bawah Indonesia dengan selisih poin yang ketat. Sejumlah negara itu seperti Papua Nugini pada peringkat 164 dengan 990.55 poin dan Bermuda dengan ranking 165 dengan torehan 982,43 poin. 

Sementara itu, peringkat yang pernah diperoleh oleh Timnas Indonesia yang diketahui sebagai catatan terburuk yaitu pernah berada di ranking 175, tepatnya pada bulan September 2021. 

Meski demikian, torehan peringkat ke 164 yang berhasil di raih oleh Tim Garuda di akhir 2021, masih belum mampu melampaui capaian yang pernah diraih pada tahun 1998, yang pada saat itu mencapai peringkat 87. 

Sebelumnya dalam gelaran kompetisi AFF 2021 yang mempertemukan berbagai negara Asia Tenggara sendiri, Timnas Indonesia sukses kembali mengulang capaian dengan tampil di laga puncak atau final kompetisi tersebut. 

Pada laga final Piala AFF 2021 kali ini Indonesia harus berhadapan dengan salah satu negara kuat, yaitu Thailand yang pernah bertemu dengan Timnas pada laga final kompetisi yang sama pada tahun 2016. 

Meskipun demikian, skuad Garuda harus kembali mengakui keunggulan tim berjuluk Gajah Putih, dan masih belum mampu memberikan gelar Piala AFF untuk pertama kali sejak kompetisi digulirkan pada tahun 1996 yang lalu. 

Timnas Indonesia yang diarsiteki oleh Shin Tae Yong tersebut harus mengakui keunggulan Thailand pada babak final Leg 1 dengan skor 4-0. Sementara pada Leg 2, Thailand berhasil memastikan diri keluar sebagai juara Piala AFF 2021 setelah berhasil menahan imbang Timnas Indonesia kali ini dengan skor 2-2 dan membuat agregat menjadi 6-2.