Rapat Rekapitulasi Data Pemilih di Jakbar Digelar Virtual

Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Barat, Yunus Burhan mengatakan, proses rekapitulasi ini dilakukan setiap bulan dengan melakukan koordinasi dengan para stakeholder intansi yang berkepentingan.

Rapat Rekapitulasi Data Pemilih di Jakbar Digelar Virtual

Jakarta, RadarKota - Data kependudukan merupakan salah satu hal penting untuk menjadikan daftar pemilih berkualitas baik untuk Pilkada maupun Pemilu legislatif. Oleh karena itu, proses rekapitulasi data yang dilakukan setiap bulan menjadi hal yang penting.

Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Barat, Yunus Burhan mengatakan, proses rekapitulasi ini dilakukan setiap bulan dengan melakukan koordinasi dengan para stakeholder intansi yang berkepentingan. Menurutnya, informasi dan masukan dari para stakeholder dapat menjadi acuan sebagai akurasi data saat pemilu.

Dijelaskan Yunus, KPU Kabupaten/Kota melakukan update daftar pemilih berkelanjutan setiap bulan dengan berkoordinasi dengan stakeholder. Pembaharuan dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilakukan sesuai amanat UU 7 tahun 2017. 

"Oleh karena itu, rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan bersama KPU ini dilakukan secara rutin," kata Yunus, usai rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan periode bulan Oktober 2020 tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat yang dilaksanakan secara virtual, Senin, 16 November 2020.

"Penetapan rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan ini sumber data pemilih didapatkan melalu beberapa pendekatan, mulai dari Data Sudin Dukcapil, data tanggapan masyarakat, UPT Rumah Susun serta Data dari Sudin Pemakaman," tandas Yunus.