Mbak Tutut Janji Pelihara 999 Masjid YAMP

Mbak Tutu -- panggilan akrab putri Soeharto itu -- mengatakan ada satu cita-cita Pak Harto, yaitu menjadikan masjid sebagai penggerak ekonomi dan pembangunan bangsa.

Mbak Tutut Janji Pelihara 999 Masjid YAMP

Jakarta, RadarKota - Siti Hardiyanti Rukmana, putri almarhum mantan Presiden Soeharto yang akrab dipanggil Tutut, mengatakan Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (YAMP) berusaha menjaga seluruh dari 99 masjid yang dibangun sejak era Orde Baru sampai 2009.

Berbicara pada ada Anugerah Fastabiqul Khairat 999 Masjid YAMP di Gedung Granadi, Rabu 28 November 2019, Mbak Tutu -- panggilan akrab putri Soeharto itu -- ada satu cita-cita Pak Harto, yaitu menjadikan masjid sebagai penggerak ekonomi dan pembangunan bangsa.

"Seluruh pengurus saya harap jeli melihat peluang ekonomi untuk dikembangkan bagi kemakmuran masyarakat, sesuai keadaan dan sumber daya," kata Mbak Tutut.

Sebelum menyerahkan trofi kepada pengurus masjid yang terpilih sebagai terbaik, Mbak Tutut bercerita tentang sepak terjang ayahnya saat menjadi presiden. "Pak Harto itu akrab dengan surau dan masjid," kata Mbak Tutut.

Mbak Tutut melanjutkan; "Ia selalu mengingatkan anak-anaknya untuk senantiasa merawat surau atau langgar kecil di Desa Kemusuk di Yogyakarta, tempat kelahiran almarhum."

Menurut Mbak Tutut, di surau itulah Pak Harto belajar dan menemukan kedamaian Islam. Ia juga bercerita sedikit tentang peristiwa yang melatari kelahiran YAMP.

"Tahun 1970 Pak Harto sering melakukan perjalanan diam-diam atau blusukan. Selama perjalanan itu ia menemukan warga meminta sumbangan untuk membangun masjid di pinggir jalan. Hal ini menyentuh hatinya," ujarnya.

Tak ingin beramal seorang diri, Soeharto mengajak pegawai negeri sipil bersama anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk berdonasi dengan cara dipotong gajinya, untuk pembangunan masjid melalui YAMP.

Potongan bervariasi, mengikuti jenjang profesi masing-masing, mulai dari Rp 50 hingga Rp 500. Saat ini, pengurus Yayasan dan relawan terus berupaya memelihara dan menjaga 999 masjid yang dibangun YAMP. Masjid ke-999 atau masjid terakhir yang dibangun YAMP berada di Bekasi dan diresmikannya 9 September 2009.