Menjadi Diaspora Bukan Halangan untuk Bekerja di Luar Negeri

Bekerja di luar negeri membuka pandangan terhadap kultur kerja korporasi dengan kolega dari berbagai negara, dimana selalu dituntut untuk berkolaborasi dan berkompetisi secara positif. 

Menjadi Diaspora Bukan Halangan untuk Bekerja di Luar Negeri

gambar ilustrasi

Jakarta, RadarKota - Menjadi seorang diaspora Indoneaia yang bekerja diluar negri, bagi sebagian orang merupakan impian.

Selain untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik, banyak nilai positif yang bisa didapatkan dengan bekerja jauh dari negara sendiri. Selain mendapatkan wawasan yang lebih luas, bekerjasama dengan teman kantor yang berasal dari berbagai negara dengan latar belakang dan budaya yang berbeda, akan menjadi tantangan tersendiri.

Menurut salah seorang diaspora Indonesia yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun diluar negeri, Ansori. Menurutnya, bekerja di luar negeri membuka pandangan kita terhadap kultur kerja korporasi dengan kolega dari berbagai negara, dimana kita selalu dituntut untuk berkolaborasi dan berkompetisi secara positif. 

Selain itu, memiliki kesempatan berpergian ke berbagai belahan dunia memberi peluang menambah wawasan terhadap dunia luar sebagai bagian dari warga negara dunia (international citizen).

Namun, untuk memulai karier diluar negeri ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Selain dituntut mampu berbahasa asing, keahlian untuk memahami dan menjalankan tanggungjawab menyelesaikan tugas yang dibebankan perusahaan, juga menjadi tantangan tersendiri.

Belum lagi soal kebudayaan lokal, tinggal jauh dari keluarga serta cuaca yang berbeda dengan Indonesia, juga menjadi persoalan lain yang harus dialami. 

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa memulai karir atau bekerja diluar negeri? Ini beberapa cara yang dapat dilakukan. Anda bisa melalui agen resmi penyalur tenaga kerja. Selain itu, pemerintah melalui Depnaker atau BNP2TKI, jalur pendidikan, melamar langsung ke perusahaan-perusahaan di luar negeri yang memang membutuhkan dan kualifikasinya sesuai dengan yang pengalaman yang kita miliki, serta mencari informasi melalui group media sosial yang memang menyediakan informasi tersebut, bisa menjadi beberapa cara yang ditempuh.

Namun perlu diingat, ada juga pihak yang tidak bertanggungjawab yang bertujuan mendapatkan keuntungan pribadi dari proses itu semua. Prinsip kehati-hatian sangat perlu agar terhindar dari hal-hal negatif jika akan mencari peluang kerja di luar negeri. 

Yang harus diingat adalah, berangkat secara legal adalah keharusan untuk menghindari masalah-masalah yang tidak perlu dikemudian hari.