Cuitan Pedas di Medsos, Ketika Jari Musisi Kerap Timbulkan Konflik

"Musisi palsu sok jadi politisi lama-lama ya pasti keluar sifat aslinya; menjijikkan. Selain Rhoma Irama siapa lagi yg setuju Nang @ananghijau? #RUUkampungan #AnangPayah," tulis Jerinx.

Cuitan Pedas di Medsos, Ketika Jari Musisi Kerap Timbulkan Konflik

Jakarta, RadarKota - Cuitan kontroversial Jerinx, Drumer Superman Is Dead atau SID di media sosial Twitter kerap memicu konflik, terlebih saat menyinggung publik figur.

Setelah beberapa waktu lalu sempat berseteru dengan pedangdut Via Vallen, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, bahkan Dai Habib Bahar bin Smith, kini musisi asal Bali pemilik nama asli I Gede Ari Astina itu mengkritik musisi Anang Hermansyah.

Melalui cuitan di Twitter, Jerinx SID menyebut Anang Hermansyah sebagai musisi palsu. "Musisi palsu sok jadi politisi lama-lama ya pasti keluar sifat aslinya; menjijikkan. Selain Rhoma Irama siapa lagi yg setuju Nang @ananghijau? #RUUkampungan #AnangPayah," tulis Jerinx pada Kamis, 31 Januari 2019.

Jerinx melontarkan kritik keras terhadap Anang Hermansyah mengenai RUU Permusikan yang diusulkan Komisi X DPR RI. Dalam RUU Permusikan tersebut, tercantum pada Pasal 5 yang isinya tentang beberapa larangan bagi para musisi: dari mulai membawa budaya barat yang negatif, merendahkan harkat martabat, menistakan agama, membuat konten pornografi hingga memproduksi musik provokatif.

Pertanyaan Jerinx SID itu sepertinya didasari dari artikel salah satu media yang membahas soal Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan yang belakangan menghebohkan para penggiat musik di Indonesia.

Di artikel tersebut, suami Ashanty ini mengatakan jika ada musisi yang setuju dengan RUU yang masih dalam proses pembahasan tersebut. Diketahui, RUU Permusikan ini memang menuai pro dan kontra di antara para musisi, karena banyak musisi yang keberatan di beberapa pasalnya.

"Ya spt mas Anang ini, jiwanya politisi tapi dulu cari makan di musik. Setelah punya cukup duit, balik ke cita-cita aslinya jadi virus politik," sambungnya.

Jerinx SID yang disentil netizen lantaran hanya berkoar-koar di media sosial ini pun menantang Anang Hermansyah untuk bertemu dengannya jika sedang berada di Bali.

"Jangan cuma koar2 di socmed doang oiy. Kalo emang ada masalah ketemuan dong lo sama @ananghijau. Berani gak?" tulis seorang netizen.

"Wah, dengan senang hati. Saya lebih dari siap merontokkan argumen-argumen kolotnya. Ayo kapan @ananghijau?" jawab Jerinx SID.

Istri Anang Hermansyah, Ashanty menyayangkan sikap Jerinx yang mengkritik tanpa mengetahui perjuangan suaminya.

"Wah sayang sekali yaa musisi hebat seperti mas, yg lagu-lagunya banyak disukai, salah satu nya anak laki2 sy, bisa ngatain orang tanpa tau apa2 sampai begini!! tulisannya bisa sekasar ini. Suami saya mungkin akan diam, karena dia lagi fokus memperjuangkan UU musik!! tapi kami keluarga tidak akan diam mas .. Anda yang nggak tau apa-apa atau suami saya yang terlalu bodoh?," tulis Ashanty, Jumat, 1 Februari 2019.

Di postingannya yang lain, Ashanty juga memberikan bantahan soal tudingan Jerinx yang menyebut Anang Hermansyah hanya mencari uang dengan menjadi anggota DPR. Ashanty menyebut jika 5 tahun lalu dirinya dan Anang masih mendapat banyak tawaran manggung. Anang juga masih aktif menjadi juri kompetisi menyanyi hingga membangun bisnis. Ashanty menyebutkan niat Anang maju sebagai wakil rakyat hanya satu yakni memperjuangkan hak-hak musisi lewat RUU Permusikan.Jerinx SID. (Instagram - @jrxsid)

"Suami saya masuk DPR Hanya 1 niatnya, memperjuangkan UU musik!!! That's it!!! Knp? Mas pasti lebih ngerti kan banyak musisi lagu dan ciptaannya dipake tapi ngga dpat royalti, hidup tua nya susah, anang masih bisa kok hidup tanpa royalti krn kita masih kerja, tapi suami saya ngga mikirin diri sendiri?? Mikirin banyak orang yg kasian hidup dan masa tuanya," lanjutnya.

"Dan bangganya kami selama puluhan tahun loh banyak yg perjuangin RUU ini dan akhirnya karna getol nya suami saya meminta bantuan temen2 di DPR baik yg musisi mau pun yg bukan, dan akhirnya baru kali ini masuk prolegnas prioritas?? Menurut kamu karna siapa?? Emang mudah ya? Dia mungkin ngga ngerti politik, tapi masalah musik saya yakin dia udah khatam soal musik!! Saya berharap musisi-musisi yang tau kinerja suami saya jangan diem!! Udah gini malah banyak yang nyari panggung padahal tau bagaimana perjuangan suami saya!!," sambung Ashanty.

Ashanty juga mengungkapkan jika Anang bersama musisi lain hingga kini masih mempertimbangkan RUU Permusikan. Ashanty pun menunggu Jerinx yang menantang Anang untuk berdebat, dan ia pun sempat menyarankan adanya pasal yang mengatur perilaku dan tutur kata musisi.

"Maaf kalo bahasa saya ini bahasa yang awam mas.. dan setahu saya di DPR cara merancang suatu UU, setau saya yang orang awam yaahh, itu semua ditulis ada timnya mas di DPR. Hebat banget kalo semua tulisan Anang yang buat, jadi dia yang perjuangkan tapi naskah ada tim sendiri yang buat dan masih menjadi pembahasan dan masih bisa diperbincangkan setau saya," kata Ashanty di postingannya yang lain.Anang Hermansyah. TEMPO/Dhemas Reviyanto

"Yuk mas, debat aja seperti yg km tulis kan mau merontokan argumen2 dia?? Kami tunggu yaa.. Tapi balik lagi sebagai orang awam sy malah mau usul untuk musisi ditambah pasal untuk diajarkan prilaku dan tutur kata yang baik apa lg sebagai orang Indonesia!! Sory kl ada bahasa sy yg kurang pantas.. Tapi sebagai istri sy wajib untuk meluruskan ini!! Karna anda sudah keterlaluan dan berbicara saat anda tidak punya data apa-apa.!!," sambungnya.

Tak sampai di situ, Ashanty juga mengungkap kebaikan suaminya pada SID yang ternyata pernah membela SID, saat menggelar konser di Bali tahun 2016 lalu. "(Dan 1 hal lagi mas, mas anang adalah orang yg pernah belain konser kalian dibali loh, check slide setelah ini deh)," kata Ashanty.

Akibat hal itu, Jerinx dikabarkan bakal dilaporkan ke pihak kepolisian oleh Anang Hermansyah dan istrinya, Ashanty. Menanggapi kabar dirinya bakal dilaporkan ke polisi, Jerinx justru malah terkesan santai.

Hal itu terlihat kala Jerinx membuat status lanjutan di akun Twitter pribadinya, menyindir Anang Hermansyah. "Cie main lapor polisi aja kau @ananghijau, Katanya mau nantang saya debat di TV 13 Feb ini, piye to? Mau debat di Polda apa TV? #RUUkampungan," tulis Jerinx, Jumat, 1 Februari 2019.

Selain itu, sindirian Jerinx kepada Anang Hermansyah pun tak berhenti sampai disitu. Adapun Jerinx juga membuat cuitan di Twitter, meminta tolong suami Krisdayanti yakni Raul Lemos, meskipun diduga hanya bersifat guyonan. "Bro @Raullemos_KD tulung bro," tulis Jerinx.

Via Vallen

Sebelumnya, Jerinx juga pernah berseteru dengan Via Vallen karena pedangdut tersebut dianggap telah menyanyikan lagu Superman Is Dead yang berjudul 'Sunset di Tanah Anarki' tanpa izin. Jerinx saat itu mengatakan bahwa pedangdut Via Vallen tidak pernah meminta izin saat membawakan lagu Superman Is Dead atau SID berjudul 'Sunset di Tanah Anarki'. 

Hal itu dikatakan Jerinx dalam akun Twitternya, @JRX_SID, Minggu, 11 November 2018. "Ngefans tapi sama sekali ga pernah minta ijin bawain lagu SID. Dan lagu ini pesannya besar," kata Jerinx.

Tak hanya itu, Jerinx bahkan menyebutkan, Via Vallen merendahkan lagu tersebut. Menurut dia, lagu "Sunset di Tanah Anarki" mempunyai peran penting dari kesuksesan yang diraih Via Vallen selama ini.

"Via Vallen paham gak apa yg ia nyanyikan? Ini bukan ttg nominal. She's DEGRADING the meaning of the song," sambung Jerinx. "Tanpa Sunset di Tanah Anarki, Via Vallen ga akan ada di posisinya saat ini," ujarnya.

Habib Bahar bin Smith 

Jerinx juga pernah membuat cuitan kontroversial di Twitter dengan menantang Habib Bahar bin Smith untuk bertemu. Kala itu, Jerinx mengaku geram dengan kasus dugaan penganiayaan yang diduga dilakukan Habib Bahar bin Smith terhadap dua orang anak. Buntutnya, Jerinx mengatakan, ia mempunyai keinginan untuk dipertemukan dengan Habib Bahar bin Smith.

"Saya paling suka diadu sama bully macam Bahar ini. Silakan atur. Jawa Bali Sumatra di mana saja saya siap. Yang kalah minggat dari Indonesia," tulis Jerinx di akun Twitter miliknya, @JRX_SID, Kamis, 20 Desember 2018, menanggapi kasus dugaan penganiayaan yang melibatkan nama Habib Bahar bin Smith.

Tak ketinggalan, Jerinx juga memposting video yang diduga merupakan rekaman penganiayaan yang dilakukan Habib Bahar bin Smith di twitter.

Susi Pudjiastuti

Perseteruan Jerinx dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti terjadi setelah sang pentolan SID itu menolak perizinan reklamasi Teluk Benoa, Bali. Jerinx waktu itu berupaya mengajak Susi Pudjiastuti untuk berdialog tentang dugaan izin reklamasi Teluk Benoa, Bali.

Hal itu dilontarkan Jerinx di akun twitter miliknya, @JRX_SID. Dalam Cuitannya itu, ia terus mengajak Susi Pudjiastuti untuk beradu argumen dengannya. Meski begitu, Jerinx tak kunjung mendapatkan balasan dari Susi Pudjiastuti.

"Begini lho bu @susipudjiastuti saat 30ribu-an rakyat Bali turun ke jalan membela Teluk Benoa dari upaya reklamasi rakus. Trus ibu seenaknya memperpanjang LAGI ijin yg memungkinkan reklamasi terjadi? GAK MALU jadi mentri kelautan Bu? cc: @jokowi @ForBALI13," tulis Jerinx.

Selain itu, Jerinx juga meminta agar nanti seandainya Jokowi kalah di Bali pada gelaran Pilpres 2019, Jokowi tidak lantas menyalahkan Susi Pudjiastuti, tetapi salahkan saja Jerinx, katanya.

"Pak @jokowi nanti pilpres kalau kalah di Bali tolong jangan salahkan bu @susipudjiastuti yg pro reklamasi Teluk Benoa ya. Salahkan saja saya, @ForBALI13 & segenap masyarakat Bali yg menolak reklamasi. Sebagai mentri kelautan bu Susi bisa apa sih? Kasian beliau disalahkan terus," tulis Jerinx.

Selain itu, Jerinx juga menyebut menteri Susi Pudjiastuti dengan sebutan 'cupu', setelah dikabarkan memblokir salah satu akun twitter teman Jerinx bernama @gendovara, yang menanyakan soal reklamasi Teluk Benoa, Bali.

"Baru dapat info, kawan saya @gendovara yg mempertanyakan kebijakan ijin lokasi dari @susipudjiastuti sudah diblok akunnya sama bu Susi," tulis Jerinx.

"Mentri apaan sih main blok blok an. Presiden @jokowi aja ga main blok. Bu @susipudjiastuti cupu," kata Jerinx di Twitter.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melontarkan pesan "panas" saat adu argumen dengan Jerinx SID soal reklamasi Teluk Benoa Bali.

Setelah itu, Susi Pudjiastuti pun kembali mengomentari cuitan Jerinx SID. Ia menyebut cuitan Jerinx menghakimi secara sepihak dan disebut berpikiran buruk.