Ekonomi Terpuruk, Pengamat: Menteri Jokowi Tak Becus Kerja

Jika nanti Jokowi terpilih lagi sebagai Presiden, maka tim ekonominya harus orang-orang yang ahli dan handal serta banyak pengalaman, serta memiliki diplomasi yang bagus.

Ekonomi Terpuruk, Pengamat: Menteri Jokowi Tak Becus Kerja

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jakarta, RadarKota - Terpuruknya kondisi ekonomi Indonesia dikeluhkan banyak pihak, terutama masyarakat yang masuk dalam kategori ekonomi menengah ke bawah.  

Menanggapi hal ini, peneliti kebijakan publik Indonesian Public Institute (IPI), Jerry Massie mengatakan, kebijakan ekonomi Jokowi yang menyengsarakan rakyat tak lain karena para menteri yang duduk di kabinet, khususnya Menteri yang menangani masalah ekonomi, tak mampu bekerja dan tidak handal.

"Coba lihat Menteri Gus Dur kala itu ada Kwik Kian Gie dan Rizal Ramli, ekonominya dari minus ke plus kok. Sehebat-hebatnya Presiden jika tak didukung oleh para Menteri yang handal pasti tak optimal," ujarnya, Kamis, 17 Januari 2019. 

Jika nanti Jokowi terpilih lagi sebagai Presiden, sambung Jerry, maka tim ekonominya harus orang-orang yang ahli dan handal serta banyak pengalaman, serta memiliki diplomasi yang bagus. 

Jerry mencontohkan, menteri ekonomi saat mendiang presiden Soeharto menjadi salah satu yang patut diperhitungkan. pada masa itu, Soeharto mengangkat menteri seperti JB Sumarlin, Ali Wardhana, Emil Salim, Widjojo Nitisastro, Subroto dan Saleh Afif dengan julukan "Five Berkeley". 

"Saat ini economic growth kita hanya 5,02 persen. Ke depan harus lebih baik lagi. Masa kalah dari pemerintahan SBY secara average bisa mencapai 6-7 persen," jelasnya.