Untuk Urusan Gaji Pemain, Barcelona Club Paling Boros

Klub asal Katalan itu mencatat sejarah sebagai kesebelasan pertama di dunia yang bersedia membayar mahal para pemain dengan jumlah fantastis

Untuk Urusan Gaji Pemain, Barcelona Club Paling Boros

Club Paling Boros Bayar Gaji Pemain, Barcelona

Catalonia,  BerlimaNews - Ingin terkenal dan kaya raya adalah impian banyak orang. Dan hal itu bisa saja terjadi andai kita mampu menjadi pesepak bola profesional, khususnya pesepak bola yang merumput di Eropa dan dengan kesebelasan papan atas.

Upah pemain bola yang super mahal jelas harus berbanding lurus dengan skill si pemain. Mudahnya, semakin melangit kualitas mengolah si kulit bundar, maka semakin tinggi minat klub untuk membayar mahal gaji pemain. Salah satunya Barcelona. Klub asal Katalan itu mencatat sejarah sebagai kesebelasan pertama di dunia yang bersedia membayar mahal para pemain dengan jumlah fantastis. 

Nilanya bikin merinding, di atas 10 juta poundsterling atau senilai Rp 186,3 miliar per musim. Sebagaimana dilaporkan Sport Salary Survey (GSS) yang disadur The Guardian, Senin (26/11), Barca terhitung bakal menggelontorkan uang sebesar 10,45 juta pound untuk seluruh pemain mereka, total 23 pemain.

Musim ini saja, tim berjuluk Los Azulgrana akan membayar skuat utama rata-rata Rp 16,2 miliar per bulannya tidak termasuk bonus. Ini artinya pengeluaran Barca sebesar Rp 540,8 juta per hari. Angka itu meningkat sebesar 33 persen sejak musim 2017/2018 kemarin. Untuk pemegang gaji tertinggi di Barca masih menjadi milik Lionel Messi, yakni 50 juta pound per musim. Terlebih, melalui laman resmi Barca telah mengonfirmasi bahwa penandatangan kontrak baru untuk Messi telah selesai.

Dalam kontrak barunya, pemain 31 tahun itu diikat kontrak hingga akhir musim 2020/2021. Tak cuma itu, kontrak baru yang ditandatangani Messi juga menyertakan nilai klausul pembelian sang bintang. Mencengangkan, nilai pembelian Messi mencapai 700 juta euro atau setara Rp 11,5 triliun.

Akan tetapi, faktor penyebab bengkaknya pengeluaran Barca bukan hanya bersumber dari pemilik nomor punggung 10 itu, tetapi ditambah dengan kedatangan para pemain baru seperti Philippe Coutinho, Arthur Melo, Malcom, dan Arturo Vidal.

Di sisi lain, perpanjangan kontrak baru untuk pemain lainnya seperti Gerard Pique, Sergi Roberto, Samuel Umtiti, serta Sergio Busquets mendorong pengeluaran rata-rata pemain hingga lebih dari 10 juta pound per tahun.

Dengan demikian, Barcelona melampaui finansial klub olahraga manapun di dunia, termasuk klub bola basket NBA. Selain itu, angka 10 juta pound menjadi yang pertama disentuh oleh klub olahraga. Masih dengan sumber yang sama, rival abadi Barcelona yakni Real Madrid berada di urutan kedua. Klub asal Ibu Kota Spanyol itu total rata-rata mengeluarkan gaji tahunan mencapai 8,89 juta pound dengan pembayaran pemain sebesar 155 ribu pound per pekan.

Secara menyeluruh kompetisi Liga Primer Inggris tetap sebagai gelaran liga sepak bola terkaya di jagat bumi, dengan pemain skuat utama menghasilkan rata-rata 2,99 juta pound per musim. Angka itu 36 persen lebih tinggi dari rival terdekat, La Liga Spanyol 2,2 juta pound, yang diikuti Serie A Italia pada nilai 1,5 juta pound.